KATA PENGANTAR
Puji dan syukur dipersembahkan ke hadirat Allah Yang Maha
Kuasa, atas rahmat dan karunia-Nya jualah kami dapat menyelesaikan penyusunan
Program Supervisi Tahun 2012/2013 pada SMK Darul Ulum Kuningan.
Program Supervisi Tahun 2012/2013 pada SMK
Darul Ulum Kuningan ini disusun
dengan latar belakang tuntutan untuk memenuhi implementasi salah satu
kompetensi yang harus dikuasai dan dilaksanakan seorang Kepala Sekolah yaitu
Kompetensi Supervisi. Pogram Supervisi tahun 2012/2013 ini meliputi Supervisi
Manajerial dan Supervisi Akademis. Supervisi Akademis dilakukan sebagai salah
satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas
pokoknya sedangkan Supervisi Manajerial dilakukan untuk meningkatkan kinerja
pengelolaan dan administrasi sekolah.
Harapan kami semoga Program Supervisi
Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat terlaksana dengan efektif dan bermanfaat bagi
peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas pengelolaan setiap unit
kegiatan dan administrasi sekolah.
Terima kasih kepada semua pihak yang telah
membantu penyusunan Program Supervisi Tahun 2012/2013 ini terutama Pengawas
Pembina yang memberi masukan bagi terwujudnya Program Supervisi ini.
Kuningan, Juli 2012
Mengetahui : Kepala
Pengawas Pembina SMK
Darul Ulum Kuningan
Drs. NANO SUPRATMAN,
M.Pd Drs.
H. IA SAEPUDIN
NIP. NIP.
19630912 198803 1 004
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR.............................................................................................................
DAFTAR ISI...........................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
a.
Latar Belakang..................................................................................................
b.
Landasan Hukum..............................................................................................
c.
Tujuan................................................................................................................
d.
Ruang Lingkup.................................................................................................
BAB II ANALISIS
HASIL SUPERVISI TAHUN 2011/2012
a.
Analisis Hasil Supervisi Akademis Tahun 2011/2012.......................................
BAB III RENCANA
PELAKSANAAN SUPERVISI TAHUN 2012/2013
a.
Rencana Supervisi Akademis Tahun 2012/2013...............................................
b.
Rencana Supervisi Internal Manajerial Tahun 2012/2013.................................
c.
Jadwal Kegiatan Supervisi Akademis Tahun 2012/2013..................................
d.
Jadwal Kegiatan Supervisi Internal Manajerial Tahun 2012/2013....................
BAB IV PENUTUP............................................................................................................
LAMPIRAN
Instrumen
Supervisi
BAB I
P E N D A H
U L U A N
a. Latar Belakang.
Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007
menyatakan bahwa seorang Kepala Sekolah harus menguasai Standar Kompetensi
Kepala Sekolah yang terdiri atas : kompetensi kepribadian, kompetensi
manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan dan kompetensi
sosial.
Penjabaran kompetensi supervisi pada
intinya adalah supervisi akademis dimana langkah-langkah yang dilakukan adalah
merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan
profesionalisme guru, melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan
menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat serta menindaklanjuti
hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan
profesionalismenya.
Mencermati hasil analisis Program
Supervisi Tahun 2012/2013 pada SMK Darul Ulum Kuningan secara umum ditemukan
beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki bagi peningkatan kualitas pembelajaran
sekaligus peningkatan profesionalisme guru, seperti : pengembangan indikator dan materi
pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang belum variatif, lemahnya
penguasaan guru dalam model-model pembelajaran aktif , dan sebagainya.
Karena itu dalam rangka melaksanakan
tugas Kepala Sekolah sebagai Supevisor/Penyedia maka perlu disusun program
supervisi yang secara menyeluruh dan sistematis menjabarkan rencana kegiatan
yang akan dilakukan serta apa tindak lanjut dari hasil supervisi setelah
kegiatan dilakukan agar terjadi perbaikan yang signifikan dalam kegiatan
akademis di SMK Darul Ulum Kuningan.
b. Landasan Hukum.
1.
Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.
Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005
tentang Guru dan Dosen
3.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19
Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
4.
Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007
tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Kepala Sekolah / Madrasah
5.
Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007
tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
6.
Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007
tentang Standar Pengelolaan
c. Tujuan.
Penyusunan Program Supervisi Tahun 2012/2013
pada SMK Darul Ulum Kuningan ini bertujuan sebagai berikut :
1. Acuan bagi
pelaksanaan kegiatan supervisi di lingkungan SMK Darul Ulum Kuningan
2. Meningkatkan
profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai
pendidik
3. Meningkatkan
kualitas proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran yang bermuara pada
peningkatan kualitas tamatan.
4. Selain
supervisi akademis , program supervisi ini juga dilengkapi dengan supervisi
manajerial pada setiap unit kegiatan di lingkungan SMK Darul Ulum Kuningan yang
merupakan supervisi internal dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan
unit kegiatan dan administrasi sekolah
d. Ruang Lingkup.
Adapun ruang lingkup Program Supervisi
Tahun 2012/2013 pada SMK Darul Ulum Kuningan adalah :
1.
Supervisi Akademis :
Ø Pengembangan
Silabus/Perumusan Indikator
Ø Pengembangan
RPP/Materi Pembelajaran
Ø Peningkatan
Penguasaan Metode Pembelajaran
Ø Peningkatan
Penguasaan Model Model Pembelajaran
Ø Peningkatan
Penguasaan Sistem Penilaian Hasil Belajar
Ø Pelaksanaan
Pembelajaran
Ø BK/Pengembangan
Diri
2.
Supervisi Internal Manajerial :
Ø Administrasi
Tata Usaha
Ø Kurikulum
Ø Kesiswaan/Ekstra
Kurikuler
Ø Sarana/Prasarana
Ø Humas/Hubungan
Industri
Ø Perpustakaan
Ø Koperasi
Sekolah/Koperasi Siswa
Ø Lingkungan/Budaya
Sekolah
BAB II
ANALISA HASIL
SUPERVISI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
A. ANALISA HASIL SUPERVISI AKADEMIS TAHUN
PELAJARAN 2011/2012
Adapun hasil analisis pelaksanaan program supervisi
akademis tahun pelajaran tahun 2011/2012 sebagai berikut :
No.
|
Aspek Supervisi
|
Ketuntasan
|
1
|
Pemetaan Standar Isi
|
Belum Tuntas (50%)
|
2
|
Pengembangan Indikator
|
Belum Tuntas (85%)
|
3
|
Pengembangan Silabus
|
Tuntas (75%)
|
4
|
Penyusunan RPP
|
Tuntas (75%)
|
5
|
Penyusunan Dokumen KKM
|
Tuntas (25%)
|
6
|
Penggunaan Media Pembelajaran
|
Belum Tuntas (65%)
|
7
|
Metode Pembelajaran
|
Belum Tuntas (75%)
|
8
|
Penggunaan Sumber Belajar
|
Belum Tuntas (85%)
|
9
|
Penggunaan Media Pembelajaran
|
Belum Tuntas (65%)
|
10
|
Penggunaan dan Teknik Penilaian
|
Belum Tuntas (80%)
|
11
|
Analisis Hasil Belajar
|
Belum Tuntas (65%)
|
12
|
Pemanfaatan TIK
|
Belum Tuntas (65%)
|
13
|
Analisis Ketuntasan Belajar
|
Belum Tuntas (50%)
|
Hasil ketuntasan target yang diharapkan
pada program supervisi tahun 2011/2012 menunjukkan bahwa perlu dilakukan upaya
untuk mencapai peningkatan pada aspek supervisi sebagai berikut :
v Analisa konteks
sebagai dasar pengembangan KTSP yang berorientasi kepada kesesuaian kurikulum
dengan potensi peserta didik, karakteristik sekolah dan kondisi lingkungan
v Pemetaan
Standar Isi :
v Perlu
dilanjutkan pemetaan standar isi pada setiap SK-KD setiap mata pelajaran untuk
menghasilkan silabus yang sesuai dengan karakter sekolah dan potensi daeran
v Perumusan
indikator pada SK-KD menunjukkan bahwa sebahagian besar sudah sesuai untuk
memenuhi tuntutan pencapaian kompetensi namun sebahagian kecil masih perlu
diperbaiki melalui kegiatan reviu di bawah koordinasi Tim Pengembang Kurikulum
Sekolah
v Penggunaan
media pembelajaran perlu diperluas dengan media yang lebih akurat dan didukung
oleh teknologi informasi dengan memanfaatkan : komputer dan internet
v Penggunaan
Metode Pembelajaran masih perlu menjadi bagian yang perlu perbaikan dengan
menerapkan metode pembelajaran aktif yang mendorong peserta didik untuk menjadi
pembelajar
v Penggunaan
sumber belajar masih berorientasi pada buku paket dan modul diharapkan pada
tahun berikutnya lebih diperkaya dengan pemanfaatan sumber belajar melalui
internet, jurnal ilmiah dan media lainnya seperti buletin, koran, majalah dsb.
v Sebahagian
penggunaan teknik dan alat penilaian masih perlu disempurnakan terutama dalam
pemilihan yang sesuai antara teknik dan alat penilaian dengan tuntutan KD
v Analisa Hasil
Belajar masih perlu peningkatan untuk dilakukan oleh seluruh guru dan seluruh
mata pelajaran untuk mengetahui tingkat daya serap dan umpan balik bagi
perbaikan pembelajaran tahun berikutnya
v Perlu
peningkatan penguasaan teknologi informatika bagi guru untuk mampu menggunakan
TIK dalam kegiatan pembelajaran
v Perlu
peningkatan pelaksanaan analisis ketuntasan sebagai pertimbangan bagi
peningkatan KKM tahun berikutnya dan
sebagai bahan perbaikan pembelajaran
a. Analisis Hasil Supervisi Internal
Manajerial tahun 2011/2012
Hasil supervisi internal manajerial
terutama berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas staf manajerial perlu
peningkatan pada :
1)
Kinerja Tim Pengembang Kurikulum dalam
mereviu dan merevisi KTSP
2)
Perlunya dibentuk Tim Pengembang
Kurikulum SMK Darul Ulum Kuningan yang solid
3)
Peningkatan pengelolaan sarana dan
prasarana
4)
Peningkatan pengelolaan lingkungan dan
Budaya Sekolah
5)
Peningkatan sistem informasi manajemen
6)
Peningkatan Kemitraan dan kerjasama
dengan stake holder/DU-DI
7)
Peningkatan Manajemen Pengelolaan
Bengkel dan Labor serta optimalisasi pemakaiannya dalam rangka meningkatkan
kompetensi siswa
8)
Peningkatan kegiatan pengembangan diri
meliputi 4 layanan konseling dan peningkatan kualitas kegiatan ekstra kurikuler
BAB III
RENCANA
PELAKSANAAN SUPERVISI TAHUN 2012/2013
a. Rencana Pelaksanaan Supervisi Akademis
Tahun Pelajaran 2012/2013
Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun
Pelajaran 2012/2013 yang disusun berdasarkan hasil evaluasi dan analisis
pelaksanaan supervisi akademis tahun sebelumnya diharapkan akan memberikan
dampak berupa perbaikan sekaligus peningkatan mutu proses dan output proses
pembelajaran langsung yang dilaksanakan guru-guru mata pelajaran di kelas yang
diindikasikan dengan adanya perbaikan pada :
1. Peningkatan
pemahaman guru terhadap Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) dengan titik berat
pada :
Ø Review KTSP
berupa telaah terhadap pengembangan silabus yang sesuai dengan kebutuhan pada
setiap mata pelajaran
Ø Perumusan
Kompetensi Dasar dan Indikator
Ø Penyusunan RPP
2. Penggunaan
Metode – Metode dan Model-Model
Pembelajaran yang lebih variatif dan meningkatkan antusiasme peserta
didik dalam proses pembelajaran
3. Penggunaan
instrumen penilaian yang sesuai dengan tuntutan kompetensi
4. Pelaksanaan
proses pembelajaran yang efektif dan efisien dengan mengacu kepada tuntutan
penguasaan kompetensi
Agar pelaksanaan Supervisi Akademis
Tahun Pelajaran 2012/2013 ini berlansung efektif dan dapat memvisitasi seluruh
guru mata pelajaran maka petugas supervisi terdiri atas : Kepala Sekolah,
Pengawas Pembina, Wakil Kepala Sekolah dan Guru-Guru Senior yang kompeten dan
dianggap layak dan mampu melaksanakan Supervisi .
b.
Jadwal
Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2012/2013.
Jadwal Pelaksanaan Supervisi Akademis
Tahun Pelajaran 2012/2013 disusun dengan mempertimbangkan hari efektif belajar
dan disusun atas Jadwal Pelaksanaan Supervisi Akademis Semester Ganjil dan
Jadwal Supervisi Akademis Semester Genap. Jadwal selengkapnya terlampir.
c.
Rencana
Supervisi Manajerial Internal
Pelaksanaan Supervisi Internal dalam
bidang manajerial sekolah dilakukan pada setiap unit kegiatan yang ada dalam
jajaran manajerial SMK Darul Ulum Kuningan Pelaksanaannya
dilakukan bersama oleh Kepala Sekolah bersama dengan Pengawas Pembina pada
setiap unit dengan target utama adalah pembenahan pada :
1)
Kinerja Tim Pengembang Kurikulum dalam
mereviu dan merevisi KTSP
2)
Perlunya dibentuk Tim Pengembang
Kurikulum SMK Darul Ulum Kuningan yang solid
3)
Peningkatan pengelolaan sarana dan
prasarana
4)
Peningkatan pengelolaan lingkungan dan
Budaya Sekolah
5)
Peningkatan sistem informasi manajemen
6)
Peningkatan Kemitraan dan kerjasama dengan
stake holder/DU-DI
7)
Peningkatan Manajemen Pengelolaan
Bengkel dan Labor serta optimalisasi pemakaiannya dalam rangka meningkatkan
kompetensi siswa
8)
Peningkatan kegiatan pengembangan diri
meliputi 4 layanan konseling dan peningkatan kualitas kegiatan ekstra kurikuler
d.
Jadwal
Pelaksanaan Supervisi Internal Manajerial
Jadwal pelaksanaan supervisi internal
manajerial akan disusun bersama dengan pengawas pembina SMK Darul Ulum
Kuningan disesuaikan dengan program pembinaan manajerial dari
Pengawas pembina
BAB IV
P E N U T U P
Kemajuan hasil proses didapat dari perencanaan yang hebat juga evaluasi yang handal dan berkesinambungan, semoga terus berkarya untuk bangsa Indonesia tercinta.
BalasHapus